flaming

Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Jumat, 13 Oktober 2017

Cara Mendesain Blog Agar Keren dan Menarik March 1, 2017 Pangeran Wortel Blogger, Panduan Desain blog sendiri adalah salah satu hal yang paling membuat blogger (khususnya pemula seperti pangeran) pusing tujuh keliling. Belum lagi harus dihadapkan dengan coding CSS, Javascript, PHP supaya bisa membuat desain blog sendiri menjadi lebih menarik dan keren tentunya. Sehingga, tidak heran jika Pangeran sering mendapatkan pertanyaan seperti ini : “Pange, cara membuat desain blog keren itu gimana?” “Pange, ada gak rekomendasi desain blog terbaik yang bisa dijadiin contoh untuk blog?” “Pange kapan ngajarin cara mendesain blog ?” Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering sekali Pangeran dapatkan. Tapi, karena membuat konten panduan secara utuh itu butuh waktu, akhirnya Pangeran hanya bisa menjawab seadanya dulu. Kalau dijelaskan menggunakan kata-kata tanpa prakter, kalian juga akan merasa kesulitankan? Makanya, mumpung kali ini Pangeran punya waktu yang cukup luwes, daripada mikirin mantan, mending Pangeran sharing cara desain blog yang sudah temen-temen tunggu selama ini. Sebelum kita menuju panduan, jangan lupa di akhir pembahasan kali ini, Pangeran sudah menyiapkan Ebook Desain Blog (.pdf) yang bisa temen-temen download secara gratis mengenai panduan desain blog untuk pemula supaya menarik. Oke, mari kita mulai membahasnya. Memahami Struktur Template Sebelum Mendesain Blog Kebanyakan blogger pemula sering melupakan hal sederhana ini. Yaitu : tentang dasar mendesain sebuah blog. Inilah yang membuat blogger pemula merasa sulit ketika bertemu dengan bahasa coding yang lebih rumit dari ngertiin cewek itu. Jadi, ada baiknya jika baru mulai belajar membuat desain blog sendiri untuk memahami dulu struktur apa saja yang ada di sebuah template. Penjelasan ini sebenarnya sudah pernah Pangeran bahas di cara merapikan tampilan blog, tapi supaya lebih jelas akan Pangeran jelaskan kembali. 1. Header header blog Header Blog adalah bagian kepala atau bagian paling atas di dalam sebuah blog. Pada bagian header, biasanya terdapat Judul Blog dan Deskripsi blog. Namun, itu yang biasanya. Untuk beberapa blog kadang ditambahkan button social media, banner, dll. Penulisan script Header biasanya diawali dengan code
dan diakhiri dengan
. Pada script inilah kalian bisa mengedit title dan description dalam sebuah blog. 2. Sidebar sidebar blog Sidebar Blog adalah bagian dalam tata letak suatu blog. Biasanya, sidebar blog memiliki 2 posisi, yaitu di kanan atau kiri. Ada juga beberapa template blog menampilkan di kedua posisi tersebut. Hal ini kembali ke selera dari penggunanya. Pada sidebar blog dapat ditambahkah widget pendukung untuk memudahkan pembaca menavigasi blog kalian. Seperti contohnya Widget Arsip Blog, Kategori, Artikel Terbaru, Profil dll. Mengenai bagaimana cara mengatur tata letak di sidebar akan Pangeran jelaskan di bab selanjutnya. 3. Post postingan blog Post Blog adalah hasil dari keseluruhan konten yang sudah kamu tulis dan upload. Pada post biasanya menampilkan Judul, Isi Konten dan Kolom Komentar. Pada konten, kalian bisa menambahkan mulai dari teks, foto, video, gif, embed, dll. 4. Footer footer blog Footer Blog adalah bagian kaki atau bagian paling bawah dari sebuah blog. Pada footer, biasanya terdapat informasi hak cipta (credit title) dari blog dan ada juga ditambahkan widget di beberapa template blog. Pada template default blogger, penulisan codenya dimulai dari
dan diakhiri dengan
. Bagaimana? Sekarang kalian sudah mulai pahamkan, apa saja yang ada di dalam sebuah template blog. Nah, sekarang Pangeran akan melanjutakan ke panduan tentang cara desain blog supaya menarik. Selengkapnya di bawah ini.

Desain blog sendiri adalah salah satu hal yang paling membuat blogger (khususnya pemula seperti pangeran) pusing tujuh keliling. Belum lagi harus dihadapkan dengan coding CSS, Javascript, PHP supaya bisa membuat desain blog sendiri  menjadi lebih menarik dan keren tentunya.
Sehingga, tidak heran jika Pangeran sering mendapatkan pertanyaan seperti ini :

“Pange, cara membuat desain blog keren itu gimana?”
“Pange, ada gak rekomendasi desain blog terbaik yang bisa dijadiin contoh untuk blog?”
“Pange kapan ngajarin cara mendesain blog ?”
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering sekali Pangeran dapatkan.

Tapi, karena membuat konten panduan secara utuh itu butuh waktu, akhirnya Pangeran hanya bisa menjawab seadanya dulu.
Kalau dijelaskan menggunakan kata-kata tanpa prakter, kalian juga akan merasa kesulitankan?
Makanya, mumpung kali ini Pangeran punya waktu yang cukup luwes, daripada mikirin mantan, mending Pangeran sharing cara desain blog yang sudah temen-temen tunggu selama ini.
Sebelum kita menuju panduan, jangan lupa di akhir pembahasan kali ini, Pangeran sudah menyiapkan Ebook Desain Blog (.pdf) yang bisa temen-temen download secara gratis mengenai panduan desain blog untuk pemula supaya menarik.
Oke, mari kita mulai membahasnya.

Memahami Struktur Template Sebelum Mendesain Blog

Kebanyakan blogger pemula sering melupakan hal sederhana ini. Yaitu : tentang dasar mendesain sebuah blog.
Inilah yang membuat blogger pemula merasa sulit ketika bertemu dengan bahasa coding yang lebih rumit dari ngertiin cewek itu.
Jadi, ada baiknya jika baru mulai belajar membuat desain blog sendiri untuk memahami dulu struktur apa saja yang ada di sebuah template.
Penjelasan ini sebenarnya sudah pernah Pangeran bahas di cara merapikan tampilan blog, tapi supaya lebih jelas akan Pangeran jelaskan kembali.

1. Header

header blog
Header Blog adalah bagian kepala atau bagian paling atas di dalam sebuah blog. Pada bagian header, biasanya terdapat Judul Blog dan Deskripsi blog. Namun, itu yang biasanya.
Untuk beberapa blog kadang ditambahkan button social media, banner, dll.
Penulisan script Header biasanya diawali dengan code <header> dan diakhiri dengan </header>. Pada script inilah kalian bisa mengedit title dan description dalam sebuah blog.

2. Sidebar

sidebar blog
Sidebar Blog adalah bagian dalam tata letak suatu blog. Biasanya, sidebar blog memiliki 2 posisi, yaitu di kanan atau kiri. Ada juga beberapa template blog menampilkan di kedua posisi tersebut.
Hal ini kembali ke selera dari penggunanya.
Pada sidebar blog dapat ditambahkah widget pendukung untuk memudahkan pembaca menavigasi blog kalian. Seperti contohnya Widget Arsip Blog, Kategori, Artikel Terbaru, Profil dll.
Mengenai bagaimana cara mengatur tata letak di sidebar akan Pangeran jelaskan di bab selanjutnya.

3. Post

postingan blog
Post Blog adalah hasil dari keseluruhan konten yang sudah kamu tulis dan upload. Pada post biasanya menampilkan Judul, Isi Konten dan Kolom Komentar.
Pada konten, kalian bisa menambahkan mulai dari teks, foto, video, gif, embed, dll.

4. Footer

footer blog
Footer Blog adalah bagian kaki atau bagian paling bawah dari sebuah blog. Pada footer, biasanya terdapat informasi hak cipta (credit title) dari blog dan ada juga ditambahkan widget di beberapa template blog.
Pada template default blogger, penulisan codenya dimulai dari <footer> dan diakhiri dengan </footer>.
Bagaimana? Sekarang kalian sudah mulai pahamkan, apa saja yang ada di dalam sebuah template blog.
Nah, sekarang Pangeran akan melanjutakan ke panduan tentang cara desain blog supaya menarik. Selengkapnya di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar